Selasa, 25 September 2012

Python Reticulatus


saya membahas sanca batik di dunia, bukan berarti langsung hunting retic ini buat pengetahuan saja… Supaya tidak salah identifikasi.
Locality Retic
SUMATRA GROUP
Pulau Sumatera
DSCN0182
Sumatra: Indentik dengan warna abu2nya yang kental/dominan….retic terbesar didunia saat ini
yang dipelihara berasal dari Jambi pertama kali ditemukan tahun 2002 dengan panjang 14.85m dan
berat 447kg menurut berita harian ‘Suara Merdeka’ dan menurut berita harian ‘Republika’ memberitakan
ketika ditangkap ular tersebut memuntahkan seekor rusa betina dewasa…ular ini dinamakan “Kembang Wangi”. salah satu pic retic Sumatra.
Pulau Nias/pulau batu: secara typikal “high contrast” sumatra,warna yang terang dan kontras sekali
Medan: Biasanya sedikit garis dn bagian ekor motif lateralnya hilang mirip dengan sunfire retic.
Image
JAWA GROUP
Pulau Jawa
Jawa: krem campur dengan coklat dan perak.typikal mainland Indonesia ada yg “yellowhead”
ada juga yg tidak tergantung lokasi jawa nya…lokality jawa barat,jawa timur,jawa tengah
reticnya beda2 dari segi pola/motif dan warna.
Jawa Barat
Image
Jawa Timur (Banyuwangi)
Image
Jawa Tengah
Image
BORNEO GROUP
Pulau Kalimantan; Retic ini identik dengan motif “granite” nya di bagian punggungnya
Image
Serawak; sama dengan Kalimantan
SULAWESI GROUP
Pulau Sulawesi
Image
“Classic” Sulawesi: Ini mungkin retic pulau yang paling byk dipelihara di indonesia.merupakan asli “giant”,dgn “Yellow Heads” yg kontras….sering ditemui dgn Kepalanya ada 4 titik atau lebih Matanya emas kehijauan tetapi beberapa spesimen macem2 wrn matanya.
“Makassar” Sulawesi: Retic ini sangat identik sekali dari segi penampilan,ukuran dengan “Classic” Sulawesi, sangat dipastikan sekali ini SAMA dengan “Classic” Sulawesi,penamaan baru Makassar karena di dapat di kota makassar,Pada tahun 1912 ditemukan retic dengan ukuran 9,75 meter dekat kota makassar rekor dunia kedua setelah dari Jambi.
Image
Image
“Palopo” Sulawesi: Retics Palopo sangat mirip dengan 2 bentuk Sulawesi diatas tetapi semua spesimen yg pernah ditangkap memiliki “chain link” (menyerupai rantai) terletak di bagian utara kota makassar dan pala kuning.Beberapa specimen matanya ada yg berwarna gelap sekali berwarna hitam seperti batu onyx dan tidak kuning kepalanya.
Image
common palopo
Image
Kepulauan di Sulawesi
Image
Buton : Pulau Buton terletak di bagian timur selatan Sulawesi.Sangat mirip sekali dengan “Classic”/”Makassar”.
Image
Selayar (python reticulatus saputrai) : Pulau Selayar terletak di selatan kota Makassar dari segi penampilan mirip dgn classic/Makassar tetapi wrn kuning di motif samping sangat kental dan beberapa ad yg sedikit bintik2 hitam .Matanya yg aneh wrnnya perak kehijauan biasanya akan berkembang seiring dgn umurnya uk max betina 4,5m ini termasuk jenis dwarf. Merupakan subspecies yg diakui dan disahkan.
Image
Takabonerate
Image
Pulau Tanahjampea (python reticulatus jampeanus) : Retic Jampea memiliki pola yg buram dominasi wrn perak,abu-abu,hiaju,coklat dan kuning,Warna matanya typikal Tembaga keperakkan beberapa orang bilang retic ini jenis Dwarf panjang max betina 3 meter saat ini di captivity ada yg sampai 4,5 meter betina,
dan merupakan subspecies resmi diakui dan disahkan.
Image
Pulau Kayuadi : Retic Pulau Kayuadi dikatakan panjang max betina tidak sampai 3 meter motif Pola dan warna mirip dengan jampea,byk diobservasikan warna matanya yg variatif dari oranye,
oranye kehitaman,tembaga keperakkan,tembaga keorenan dan kehijauaan. Kemungkinan besar satu subspesies dengan jampea mungkin juga dengan subspecies baru.
Image
Pulau Kalaotoa : Retic di Pulau Kalaotoa memiliki ciri-ciri warna emas gelap dan silver gelap, matanya berwarna perak..
Image
Pulau Madu : Pulau Madu adalah pulau terkecil dari Taka Bonerate chain.
sangat dekat speciesnya (close related) dgn kalaotoa dari Bonerate Pygmy locality yg lainnya
Beberapa orang menilai dan meniliti retic ini merupakan retic terkecil dari semua Bonerate Pygmy (“Dwarf”\”Super Dwarf”) Reticulated Pythons. Diakan datang dekat2 ini dipastikan subspecies retic madu ini penamaannya kemungkinan
Python reticulatus boneratensis,secara geografis semua binatang dari Bonerate\Taka’Bonerate group akan menjadi subspecies baru tidak hanya reptil saja.
Image

MALUKU GROUP  Image
Kepulauan Halmahera
Pulau Morotai :? ?? >>> belum di approve untuk posting

Pulau Ternate
:? ?? >>> belum di approve untuk posting
Halmahera : Retic ini identik dengan warnanya yg ekstrim emas pola unik yg nyambung banyak ditemuin yg berwarna gelap hitam sangat kental dan wrn mata tembaga termasuk jenis dwarf.
Image
pulau Gebe : sering dibilang dan disebut new dwarf locality,reticnya sangat mirip dengan Maluku group tetapi lebih gelap,dimungkinkan retic2 ini migrasi atau ada penyusup yg menumpang dikapal yg mau ke wilayah Irian Jaya pulau ini sangat dekat dengan pulau Waigeo dn byk pulau2 kecil lagi yg dekat sekali dengan pulau Gebe….sangat dipastikan sekali ada retic di Irian Jaya.
Image
SERAM GROUP
Ambon “Kepala Kuning” : Sangat terang sekali warnanya mirip dengan buton warnanya tapi motifnya beda sekali dengan buton.
Image
Seram “Kepala Kuning” : Mirip dengan Ambon, sama dengan Pulau Gebe di mungkinkan bisa menyusup atau menyeberang ke wilayah papua sangat dekat sekali dengan FAK-FAK
Image
SELAT SUNDA GROUP
Bali “Kepala Kuning” : dari segi size retic bali itu kecil dibandingkan dengan mainland jawa,retic bali beberapa peniliti eropa menilai retic bali termasuk dwarf…identik dgn wrn kepalanya yg kuning terang pola/motif yg kontras hitam pekat.
Image
Nusa Tenggara Barat
Pulau Lombok : sekilas mirip dengan halmahera kepala tidak kuning….
Image
Pulau Sumbawa: sama dengan Pulau Lombok
Nusa Tenggara Timur
Flores : motif sangat mirip dgn bali warna mata lebih ke oranye dengan warna badan perak sampai tembaga, tempramen seperti preman.
Image
Kupang : uniknya motif samping yg biasanya tembus dengan motif di bagian punggung, kepala tidak kuning
Image
KEPULAUAN FILIPINA GROUP  Image
Luzon
Manila : beberapa retic Manila tidak jauh beda dgn “Classic” Sulawesi type. perbedaan yg mencolok di pola kepalanya ada garis kecil (dashes) dan titik di tempat yg variatif lalu pola “donat” di punggung dan samping. Dark pigment terlihat di bagian dorsalnya.identik retic Philipine
Warna bervariatif dari tiap individu beberapa ada yellowhead beberapa silverhead warna mata identik dengan warna perak hingga tembaga.
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Bicol : sangat terang motif samping yg unik,beberapa specimen memiliki blotches hitamsecara typikal pola/motif kepala sangat beda dgn indonesia dan mata yg silver sampai tembaga.
Image
Image
Image
San Fernando : Mirip dengan manila
Image
Image
Image
Image
Image
Visayas
Samar : Hitam dan abu – abu yang sangat kontras sekali dan tegas warna mata variatif tembaga hingga oranye motif unik mirip aberant….
Image
Image
Mindanao
Davao : Pola/motifnya yg sangat aberrant bila dibandingkan dengan retic Indonesia, terdapat byk variasi pola dan wrn identik dgn motif bagian preocular ada motif titik2 warna mata oranye terang sampai silver. Sangat mirip sekali dengan retic selayar.
Image
Image
Image
Image
Image
Cotabato : Emas gelap pola/motif di dorsal titik garis byk titik. Motif samping hilang pola dan menyerupai sunfire/platinum dekat menuju keekor.warna mata typikal oranye hingga perak.
Image
Image
Image
Filipina “special”
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
DATARAN ASIA GROUP
Vietnam “Kepala Kuning”: mirip dengan retic Bali
Thailand “Kepala Kuning”: ukuran thai retic kecil dibandingkan dgn Indonesian mainland Retics dan tempramen yg kalem. si sponge Bob “Yellow Head” bloodlines asli berasal dari thailand. Sekarang Thailand tidak boleh mengexport retics lagi.
Birma : ??? >>> belum di approve untuk posting
Kamboja : ??? >>> belum di approve untuk posting
Malaysia: Mirip dengan retic jawa……
Image
Locality Natuna, India, Bangladesh, Pulau Tanimbar DLL mungkin RXer bisa nambahin atau yg belum kesebut. Sekian dulu selanjutnya kita bahas Combo Morph retic yang lagi “IN” 2 tahun mendatang…….maaf klo ada kekurangan byk atau tidak mendetil, harap maklum…..
semua foto yg belum pernah muncul di rx, eksklusif dengan seizin pemiliknya dan buat RX untuk berbagi info…….
PS: Saya ucapkan Terima Kasih sebesar – besarnya buat………
Henrysayangmama (GudangReptil.com),”si om”,mercedes,badboys,roel’s reptiles,18naga,drummersnake,badboys dan RXers lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar